Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek

Pembelajaran APBO

 Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek

A. Pengertian

    Analisis dan perancangan berbasis objek adalah metodologi pengembangan sistem informasi yang digunakan untuk membangun sistem informasi perusahaan. Metodologi ini terdiri dari dua bagian utama: Analisis Berorientasi Objek / Object-Oriented Analysis (OOA) dan Perancangan Berorientasi Objek / Object-Oriented Design (OOD).

1. Analisis Berorientasi Objek / Object-Oriented Analysis (OOA)

Analisis berorientasi objek adalah metode analisis yang memeriksa kebutuhan sistem dari sudut pandang kelas dan objek dalam ruang lingkup permasalahan.Tujuan dari metode ini yaitu untuk mengidentifikasi objek potensial dalam sistem, mendefinisikan karakteristiknya, dan menentukan hubungan dalam notasi formal. OOA mendefinisikan tipe-tipe objek yang digunakan pada sistem dan menunjukkan kepada pengguna kebutuhan untuk berinteraksi dengan sistem dalam menyelesaikan pekerjaan. Teknik ini bertujuan untuk mempelajari objek yang ada dan mempertimbangkan apakah objek tersebut dapat digunakan kembali, serta mendefinisikan objek baru atau yang dimodifikasi untuk digabungkan dengan yang sudah ada menjadi aplikasi komputasi yang berguna.

2. Perancangan Berorientasi Objek / Object-Oriented Design (OOD)

Perancangan berorientasi objek adalah metode untuk mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek sistem atau subsystem. OOD mendefinisikan tipe objek yang penting untuk berkomunikasi dengan manusia dan peralatan dalam sistem, serta menunjukkan bagaimana objek-objek tersebut berinteraksi untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Tujuannya memperbaiki definisi masing-masing tipe objek sehingga dapat diimplementasikan dengan bahasa atau lingkungan khusus.

B. Tema, Objek, Judul, dan Lokasi

1. Tema

Tema: Sistem Jaringan.

Latar Belakang: Seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Saya memilih tema Sistem Jaringan dikarenakan dalam judul skripsi yang ingin saya buat, berfokus pada komunikasi jaringan, pemantauan real-time, dan notifikasi berbasis web untuk mendukung pengiriman informasi kepada pengguna melalui website, dan perangkat yang akan saya buat terhubung dengan kamera dengan koneksi jaringan dan dengan perancangan topologi jaringan.

2. Objek

Objek: Kotak Penerimaan Paket Cerdas Berbasis IoT.

Latar Belakang: Pemilihan objek "Kotak Penerimaan Paket Cerdas Berbasis IoT" didasarkan pada kebutuhan keamanan, efisiensi, serta integrasi teknologi IoT dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang melatarbelakangi saya mengambil objek ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya saat memesan produk dari E-Commerce, dan ketika barang sampai di rumah pengirim paket merasa bingung dikarenakan di rumah tidak ada orang, dan paket dibawa kembali ke kantor cabang ekspedisi.

3. Judul

Judul: Pengembangan Kotak Penerimaan Paket Cerdas Berbasis IoT dengan Pemantauan Kamera dan Notifikasi Jaringan Web.

Latar Belakang: Alasan yang melatarbelakangi saya mengambil judul skripsi "Pengembangan Kotak Penerimaan Paket Cerdas Berbasis IoT dengan Pemantauan Kamera dan Notifikasi Jaringan Web." karena saya rasa dari penelitian yang saya lakukan dapat memberikan kontribusi aktif dalam sistem yang mendukung keamanan, efisiensi, dan proses pengiriman paket pengguna.

4. Lokasi

Lokasi: Bisa di sesuaikan contoh (Kawasan Perumahan / Rumah Pribadi, Universitas / Sekolah, dan Perusahaan)

Latar Belakang: Saya menyebutkan lokasi bisa di sesuaikan dengan contoh lokasi Kawasan Perumahan / Rumah Pribadi, Universitas / Sekolah, dan Perusahaan. Dikarenakan produk dari hasil penelitian yang ingin saya lakukan bisa digunakan di lokasi tersebut dengan penyesuaian ukuran kotak penerimaan paket, pengelolaan jaringan, pengelolaan web, dan kebutuhan lain yang mungkin dibutuhkan oleh pengguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI SISTEM

Kebijakan Dan Perancangan Sistem

DESAIN SISTEM SECARA UMUM